Minggu, 17 Maret 2013

MEMBUAT BOLA AJAIB MENGGUNAKAN FLASH 8

Ini adalah sebuah program game sederhana tentang membuat sebuah permainan. Sebenarnya game ini bisa disebut permainan bisa juga tidak. Disebut bukan permainan karena program ini hanya akan mengacak nilai dan menghasilkan jawaban Ya atau Tidak. Disebut permainan karena hasil jawaban Ya dan Tidak ini tidaklah nyata hanya untuk main-main saja. Untuk lebih jelasnya, program ini akan membuat sebuah bola ajaib/bola untuk meramal. Pertama yang akan dilakukan adalah memasukkan pertanyaan ke dalam kotak yang telah disediakan. Jika sudah tekan tombol ramal, maka di tengah-tengah bola akan muncul tulisan Ya atau Tidak.
Ada kelemahan dari bola ajaib ini, yaitu walaupun anda memasukan kalimat yang bukan termasuk pertanyaan atau bahkan tidak memasukkan pertanyaan sekalipun, tombol ditekan, Ramal tetap akan muncul jawaban Ya atau Tidak ditengah bola. Apabila dilihat dari sudut kelemahan ini, bola ajaib tidak begitu menyenangkan. Namun bila anda memasukkan pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak pada kotak yang disediakan dan menekan tombol ramal, maka anda akan merasakan kesenangan pada bola ajaib ini. Tetapi harus diingat bahwa hasil jawaban dari bola ajaib ini hanya sebuah permaianan saja jangan dianggap serius. Dan program ini menggunakan sebuah aplikasi flash 8.

Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut :

1. Buatlah sebuah FLASH DOCUMENT.  Ubah warna STAGE menjadi hitam.
 
2. Buatlah sebuah LINGKARAN tanpa garis dengan warna RADIAL PUTIH BIRU.



3. Seleksi lingkaran ini kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan bola sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan OK.

4. Seleksi movie clip bola tadi dan tekan Ctrl+F3. Pada PANEL PROPERTIES yang muncul, tekan TAB FILTER.


5. Pada TAB FILTER tekan tombol + dan pilih Glow. Kemudian ubah nilai-nilai yang ada menjadi seperti ini Blur X : 40, Blur Y : 40, Strength 100%, Quality : High, Color : merah (#FF0000), Knockout dan Inner glow tidak perlu diberi tanda ceklis.

6. Buatlah sebuah static text yang bertuliskan Ini hanyalah permainan saja, jangan dianggap serius.

7. Buatlah sebuah static text yang bertuliskan Masukkan pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak lalu tekan tombol ramal.

8. Buatlah sebuah dynamic text kosong. Seleksi dynamic text ini kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan jawaban di dalam kotak Var dan nonaktifkan tombol selectable.

9. Buatlah sebuah input text Seleksi input text ini dan pada panel properties masukkan pertanyaan di dalam kotak Var lalu aktifkan tombol show border around text.

10. Buatlah sebuah static text bertuliskan RAMAL. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna putih dengan hitam sebagai warna garisnya. Buat panjang dan lebar persegi panjang ini menutupi static text RAMAL. Letakkan persegi panjang ini ditengah-tengah static text RAMAL.

11. Seleksi static text RAMAL dan persegi panjang kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ramal_btn sebagai name dan button clip sebagai type lalu tekan ok.

12. Seleksi ramal_btn di stage kemudian pada panel properties, masukkan ramal_btn di dalam kotak instance name.
13. Buatlah sebuah static text bertuliskan ULANG. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna putih dengan hitam sebagai warna garisnya. Buat panjang dan lebar persegi panjang ini menutupi static text ULANG. Letakkan persegi panjang ini ditengah-tengah static text ULANG.

14. Seleksi static text ULANG dan persegi panjang kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ulang_btn sebagai name dan button clip sebagai type lalu tekan ok.

15. Seleksi ulang_btn di stage kemudian pada panel properties, masukkan ulang_btn di dalam kotak instance name.

15. Letakkan seluruh objek yang kita buat tadi seperti gambar di bawah ini :







 16. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :



17. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya. Dan hasilnya akan muncul tampilan seperti ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar